Cara Sambung Sisip Pohon Alpukat Agar Cepat Berhasil

146 views

Cara Sambung Sisip Pohon Alpukat – Hallo sahabat pecinta tanaman buah, pasti tidak asing mendengar kata alpukat. Memang buah yang satu ini paling banyak peminatnya untuk dibuat jus. Sampai-sampai jus buah ini menempati posisi atas daftar menu yang paling banyak di pesan. Juga karena masyrakat indonesia saat ini sadar akan gizi semakin meningkat dan tau manfaat dari buah jadi buah apapun di pasaran pasti akan laku dan selalu kurang.

Namun masyarakat indonesia juga selektif dalam memilih buah harus yang terjangkau dan buahpun berkualitas. Tetapi mana mungkin bisa barang berkualits mempunyai harga murah??? Dengan pemikiran dan masalah yang ada, maka kita dituntut untuk berfikir dan membuat sesuatu yang mungkin akan menyelesaikan masalah yang ada.

cara sambung sisip pohon alpukat

Tapi pertanyaan lagi pasti muncul dalam benak kita, bagimana bisa kita membuat buah alpukat berprospek ekonomi tinggi ini mampu berbuah banyak, besar, dan dengan jangka penanaman yang singkat tapi sudah dapat berbuah.

Masalahnya ini tanaman!  bukan pabrik, yang jika kekurangan produksi bisa langsung nambah alat dan karyawan, yang namanya tanaman juga harus menunggu menanam,  menunggu hingga pohon besar dan menunggu saat musim berbuah, baru bisa kita petik hasilnya.

Dengan masalah yang begitu banyak maka pakar dalam tanaman mencoba dan mencoba berbagai cara  untuk bisa memecahkan masalah ini. Diantaranya adalah dengan cara sambung sisip tanaman. Apa itu sambung sisip ??

Pengertian Sambung Sisip Tanaman

Sambung sisip adalah menyatukan entres batang atas di samping batang bawah atau rootstock dengan cara meyisipkan entres ke batang bawah agar menyatu menjadi sabatang tanaman.

Bisa juga dengan cara lain seperti okulasi, sambung, tempel dan lain lain. Meski tidak terlalu besar perbedaan cara melakukan praktek memprebaiki mutu tanaman seperti diatas. Namun untuk kali ini kami akan membahas lebih dalam tentang sambung sisip.

Sediakan dulu peralatan yang hendak kita gunakan.

  1. Pisau okulasi atau cuter atau alat lain yang intinya harus tajam dan streril.
  2. Plastik okulasi atau plastik bis yang di renggangkan sampe Panjang.
  3. Cungkup bisa pake apa saja yang intinya menutup entres supaya tidak terlalu banyak penguapan.

Cara Pemilihan Entres yang Baik

Kemudian setelah terkumpul alat langsung saja menuju tanaman yang hendak kita sambung sisip. Tapi sebelum kita melakukan sambung sisip, maka persiapakan dulu entres. Dalam pemilihan entres harus benar-benar yang berkualitas baik. Ciri-ciri entres yang baik adalah

  1. Kelihatan hijau segar.
  2. Tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.
  3. Sehat atau tidak ada bibit penyakit di entres tersebut
  4. Entres tidak sedang masa dormansi yaitu dimana entres itu sedang istirahat tumbuh.
  5. Yang paling penting juga adalah entres diambil dari tanaman yang saat keluar buahnya sudah terbukti banyak enak dan harum.
  6. Dari pohon yang mampu menahan iklim dan cuaca yang berubah-ubah.

Dan jika entres sudah dicari yang istimewa, maka batang bawah juga tidak kalah penting untuk mencari yang istimewa karena batang bawah akan menyokong tanaman diatasnya.

 Ciri-ciri batang bawah yang baik diantaranya yaitu :

  1. Sehat.
  2. Besar dan tinggi tanaman ini harus sesuai dengan umurnya
  3. Terhindar dari bibit penyakit.
  4. Perakaran yang kuat.
  5. Tidak sedang masa dormansi, ditandai dengan mudahnya kulit di kelupas atau di pisahkan dengan batang kayunya.

Tahapan Cara Sambung Sisip Pohon Alpukat

Agar cara sambung sisip pohon alpukat berhasil maka anda harus dapat mengetahui tahapan cara pengerjaanya atau penyambunganya. Berikut ini merupakan langkah-langkah cara sambung phon alpokat, simak pembahasanya dibawah ini:

  • Setelah semua yang dipersiapkan istimewa maka harapan di kemudian hari saat sambung sisip ini berhasil kita memiliki tanaman yang terbukti excellent.
  • Sterilkan semua peralatan termasuk tangah juga harus bersih dan segeralah itu berdoa agar semua berjalan sesuai harapan..hehe
  • Langsung potong pohon bagian bawah potong sesuai selera tinginya tapi saran jangan terlalu tinggi agar saat entris hidup tidak patah atau jika bingung potong saja 30 cm biar agak tinggi dan tidak terlalu rendah.
  • Kemudian sayat kulit ke bagian bawah selebar entres yang hendak kita sisipkan dan panjang sayatan sama dengan irisan entres juga. Jika irisan entres 3 cm maka sayatan juga sama panjang 3 cm. Setelah disayat biarkan dulu jangan dikelupas dulu supaya tidak kering.
  • Dan setelah selesai menyayat langsung saja ke entres yang akan dijadikan batang atas, iris entres miring, dan panjang irisan bisa beragam, tapi untuk kali ini kami buat panjang kira kira 3 cm, iris sedikit dibalik irisan 3 cm panjang irisan 0,5 cm saja.
  • Setelah selesai irisan entres dan sayatan maka saatnya mengelupas kulit di batang bawah, kelupas panjangnya sama sengan panjang irisan miring pada entres kira-kira 3 cm.
  • Dan nggak pake lama setelah dikelupas maka entres langsung saja disisipkan diantara kelupasan kulit dan kayu batang bawah.
  • Setelah menyatu antara entres dan batang bawah maka langsung saja diikat menggunakan plastik okulasi yang telah kita persiapkan tadi. Ikat dengan hati-hati jangan sampai bergeser geser karena kambium sangat rapuh dan mudah rusak.
  • Saat kambium terkoyak dan rusak maka proses penyembuhan luka akan lama dan jika lama entres tidak mendapat asupan makanan dari batang bawah maka entres akan mati secara perlahan. Dan pasti sambungan akan gagal, Jangan sampai hal itu terjadi makanya harus hati2.hehe
  • Cara mengikatnya bisa dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah  tergantuk selera dan kemudahan masing-masing individu yang perlu diingat pengikatan jangan sampai terlalu kuat dan jangan juga terlalu kendur cukup yang sedang sedang saja.
  • Setelah sampai pada pengikatan maka 90% kita sudah melakukan praktek sambung sisip dan untuk menjadi 100% maka penyungkupan menyukupkan kita dalam melakukannya.

Dan tunggulah kira-kira 21 hari  bisa lebih atau kurang dari itu sudah nampak jadi atau tidak sambung sisip, dan jika entres terlihat hijau segar itulah tanda sambung sisipkan yang kita praktekkan berhasil.

Video Cara Sambung Sisip Pohon Alpukat

Bagi anda yang masih kurang jelas dengan apa yang telah kami jelaskan diatas, dapat anda tonton video cara sambung sisip alpukat dibawah ini, yang telah kami praktekkan langsung, sehingga anda akan mendapat gambaran langsung bagaimana cara prakteknya. Silahkan tonton ya.

Dan hasilnya dapat anda tonton juga dibawah ini :

Dan demikian telah selesai pembahasan tentang cara sambung sisip pohon alpukat semoga dapat membantu menambah sedikit wawasan tentang memperbaiki mutu tananam.

Maafkan kami Jika ada kekurangan. Silahkan beri masukan dan kekurangan itu bisa dituliskan di kolom komentar untuk membuat artikel ini lebih sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *